INSAN (MANUSIA)

INSAN (MANUSIA)

Manusia adalah makhluk ciptaan ALLAH yang paling sempurna, dibandingkan ciptaan makhluk lainnya seperti hewan dan tumbuhan karena manusia mempunyai akal yang tidak dimiliki oleh tumbuhan dan hewan. Oleh karena itu manusia sudah seharusnya mentaati segala perintah-Nya dan menjahui segala larangnan-Nya. Manusia yang baik adalah manusia yang menggunakan semua fasilitas dan semua yang diberikan oleh ALLAH untuk hal kebaikan, dari kebaikan tersebut diperoleh suatu manfaat atau faedah yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Manusia selain diciptakan oleh ALLAH SWT untuk beribadah, tetapi manusia juga diciptakan untuk menjadi seorang khalifah atau pemimpin dimuka bumi ini. Namun, dizaman sekarang manusia lupa akan hakikat ia diciptakan.

Berbicara tentang makhluk ALLAH yang satu ini yaitu manusia, sangatlah manarik, karena dilihat dari segi karakter, setiap manusia mempunyai karakter yang berbeda-beda antara manusia yang satu dengan yang lainnya tapi dalam hal ia diciptakan oleh ALLAH adalah sama yaitu untuk beribadah kepada ALLAH. Ada beberapa karakter manusia yang kita jumpai yaitu ada manusia yang pemalu, baik hati, penyabar, penyayang, pemarah, pendendam dan lain sebagainya. Dan tentunya di dunia ini dari karakter diatas pastilah didalam diri kita ada karakter tersebut.

Namaun, manusia tidak dapat hidup sendiri dan tidak dapat juga memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa bantuan orang lain, itulah kenapa manusia disebut sebagai makhluk social. Oleh karena itu, manusia harus bisa beradaptasi dan dapat berinteraksi oleh orang-orang yang ada disekelilingnya, jangan sampai keberadan kita disuatu daerah tidak diketahui atau tidak dikenali oleh orang-orang yang ada disebelah atau disekitar rumah kita. Dan jangan sampai juga kita dikatakan manusia yang sombong, karena tidak mau berinterakasi oleh orang-orang yang ada disekitar kita, walaupun hanya memberikan atau mengucapkan salam kepada mereka. Mungkin itu salah satu cara kita untuk berinteraksi kepada orang lain. Dan ingat kata sombong hanya boleh dimiliki oleh ALLAH saja, karena ALLAH yang menciptakan kita manusia dimuka bumi ini, jangan sampai kita mendapatkan murka dan azab dari ALLAH SWT karena kesombongan kita di dunia ini.

Nauzubillahi Mindzalik.

Manusia pun diciptakan selain untuk beribadah juga sebagai khalifah (pemimpin) di muka bumi ini. Sebagai khalifah manusia dituntut untuk bisa menjaga amanah-amanah yang telah diberikan untuk dijalankan dengan sebaik-baiknya. Namun menjadi seorang khalifah bukanlah perkara yang mudah, kita harus bisa mempertanggung jawabkan amanah tersebut kepada orang lain dan juga Sang Pencipta ALLAH SWT, baik di dunia maupun di akhirat nanti. Namun di zaman sekarang ini jabatan yang membuat seseorang lupa segalanya, tidak bisa lagi melihat mana yang salah dan mana yang benar. Kita lihat saja saat ini bagaimana manusia menggunakan berbagai cara agar bisa memiliki jabatan di suatu pemerintahan baik di DPR maupun MPR. Namun setelah mereka mendapatkan itu semua, mereka lupa terhadap orang-orang yang kurang mampu, haya janji-janji saja di saat mereka berkampanye. Astagfirullah..

Intinya kita sebagai manusia yang diciptakan oleh ALLAH harus bisa menjaga dan mensyukuri setiap apapun yang telah diberikan oleh ALLAH kepada kita semua, karena dengan kita bersyukur maka ALLAH akan menambah nikmat-nikmat-Nya dan jika kita melakukan kesalahan maka kita harus beristigfar dan memohon ampun kepada-Nya. Karena kita manusia yang membutuhkan ALLAH bukan ALLAH yang membutuhkan kita.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi bahan renungan bagi saya pribadi dan juga orang lain. Aamiin,,,,

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s