KREATIVITAS DAN SKILL

Hari ini saya mengikuti seminar yang diadakan oleh kampus, kebetulan saya mendapatkan undangan khusus dari Universitas Gunadarma karena saya termasuk mahasiswa berprestasi yang mendapatkan beasiswa dari Gunadarma Alhamdulillah saya bisa mendapatkan beasiswa tersebut paling tidak saya bisa meringankan beban kedua orang tua saya dalam membiayai kuliah saya. seminar yang saya datangi di D462 dengan tema SEMINAR DAN SOSIALISASI PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA, dengan judul “Meningkatkan Prestasi dan Intelektual Penerima Beasiswa Malalui Program Kreativitas Mahasiswa”. Di seminar tersebut banyak sekali orang – orang penting termasuk rektor Universitas Gunadarma Ibu Sri Margianti. Ibu Margianti membuka seminar tersebut dengan memberika motivasi bagi kami semua yang hadir di acara seminar tersebut. Beliau mengatakan dari sederhana menjadi baik, apa maksudnya?. Maksudnya adalah dalam hal menuntut ilmu kita harus seperti padi, semakin tinggi padi tapi padi itu semakin merunduk yang artinya setinggi apapun ilmu kita, kita harus tetap rendah hati dan tidak sombong. Dan juga Ibu Margianti berpesan kepada kami semua agar tetap terus maju dan pantang menyerah dalam meraih prestasi setinggi-tingginya, karena kalian masih muda dan perjalanan kalian masih panjang jangan sampai kalah dengan dengan Ibu. Banyak hal dan juga motivasi yang diberikan oleh Ibu Margianti. Saya sangat senang bisa bertemu dengan beliau ternyata Ibu Margianti sosok seorang Ibu sekaligus teman saja pada saat beliau memberikan kita motivasi untuk mengikuti PKM ( Program Kreativitas Mahasiswa ). Namun Ibu Margianti memberikan sambutan dan motivasi untuk kami semuanya tidak terlalu lama karena beliau harus pergi lagi untuk menghadiri semua acara dan pastinya untuk memajukan Universitas Gunadarma menjadi kampus swasta yang lebih baik lagi dan dapat memberikan warna di era globalisasi ini.

Acara seminar pun dilanjutkan yaitu dengan pemberian materi persentasi yang pertama oleh Dra. D. L. Crispina Pardade, DEA. Beliau menyampaikan materi tentang “Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa”. Dalam pemaparannya beliau mengatakan bahwa ada empat keterampilan yaitu Academic Knowladge, Skill of Thinking, Management Skill dan Communication Skill, ke empat tersebut merupakan mutu kelulusan dalam perguruan tinggi yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa pada umumnya. Academic Knowladge yaitu lebih kepada prestasi kita di dalam akademik di kampus yaitu IPK kita. Skill of Thingking yaitu disamping IPK yang tinggi seorang mahasiswa harus mempunyai skill atau kemampuan dalam berpikir, apa-apa skill dan kemampuan yang kita miliki, kita harus tahu akan kelebihan kekurangan kita, kita harus mempunyai sisi yang berbeda dari orang lain, misalnya kita mempunyai IPK yang sama besar dengan teman kita, tapi kita harus lihat potensi dan kemampuan apa yang kita miliki yang teman kita tidak memilikinya yang bisa memberikan nilai plus dari dalam diri kita, karena kemampuan dan kelebihan apa yang kita miliki hanya kita sendiri yang tahu jadi kita harus bisa mengasahnya agar lebih baik lagi. Management skill yaitu keterampilan atau kemampuan kita dalam hal mengatur, baik dalam hal mengatur diri kita sendiri, kuliah, kerjaan, organisasi dan lingkungan di sekitar kita agar semuanya bisa berjalan dengan yang kita harapka dan sesuai dengan step-step yang kita sudah buat sebelumnya. Communication Skill yaitu kemapuan kita untuk berkomunikasi baik dalam hal lisan maupun tulisan. Apalagi kemampuan kita dalam hal berbahasa asing dan sama-sam kita ketahui bahasa asing wajib kita kuasa karena jika kita melamar kerjaan pun bahasa asing apa yang kita kuasai pa;ing tidak bahasa inggris.

Sesuai dengan temanya adalah tentang kreativitas kita harus mengatahui dalam hal berkreativitas ada tiga unsur yang membangun suatu kreativitas yaitu pikiran, perasaan dan keterampilan. Pikiran mencangkup imajinasi, persepsi dan nalar. Perasaan mencangkup emosi, estetika dan harmonisasi. Keterampilan mencangkup bakat dan pengalaman. Bakat yang ada di dalam diri seseorang harus diiringi dengan usaha karena buat apa lita mempunyai bakat yang banyak tapi kita tidak mau berusaha untuk mengasahnya menjadi sesuatu bakat yang lebih baik lagi, juga buat apa. Jadi sebuah bakat yang kita miliki harus diiringi dengan usaha.

Saya sangat senang sekali karena bisa bertemu dengan orang-orang yang hebat di acara seminar tersebut, sebenarnya banyak ilmu yang saya dapat dari acara seminar tersebut, mungkin pemaparan saya di atas hanya sebagian kecil dari apa yang saya dapatkan. Namun dari yang sedkit ini semoga bisa bermanfaat. Amiin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s