KETIKA BERWIRAUSAHA MENJADI PILIHAN

KETIKA BERWIRAUSAHA MENJADI PILIHANKU

Lulus kuliah Sarjana bingung mau apa?

Pasti diantara kita semua pada saat selesai sidang atau selesai wisuda pasti semua orang bertanya-tanya mau kerja dimana?, udah dapat kerjaan belum?, pasti pertanyaan yang sering sekali muncul dikalangan masyarakat kita jika ada seorang mahasiswa/mahasiswi telah lulus dari kuliah ( Sarjana ). Sebenarnya pada saat kita kuliah pun kita juga sering memikirkan itu semua, selesai kuliah saya mau kemana ya?. Apalagi pengangguran tiap tahunnya terus meningkat. Apakah kita mau menjadi salah satu sarjana yang menganggur?, pastinya kita semua tidak ingin hal itu terjadi. Oleh karena itu, maka jadilah seorang wirausaha atau pengusaha, karena dengan kita menjadi pegusaha justru secara tidak langsung kita membuka lowongan pekerjaan bagi orang lain. Semua orang pastinya ingin menjadi orang yang sukses dan berhasil. Dan sukses yang paling hebat adalah ketika kita bisa mensukseskan orang menjadi lebih hebat dan bermanfaat bagi orang lain.

Sebenarnya menjadi seorang wirausaha tidaklah harus kita lulus kuliah baru kita terpikir ingin menjadi wirausha, tapi dari kita mulai kuliah pun kita sudah bisa mencoba mejadi seorang wirausaha. Apalagi para mahasiswa yang masih kuliah, disinilah peluang pemasaran kita yang paling bagus, karena pelanggan atau konsumen kita tidak hanya sesama mahasiswa tapi juga bisa ke dosen dalam menjual dan menawarkan barang atau produk kita. Saya pun sempat berpikir, bagaimana cara saya agar saya bisa kuliah lancar, bisnis juga lancar, memang kelihatannya sedikit sulit apalagi kita masih mahasiswa yang masih dihadapkan dengan seabrek tugas-tugas kuliah dan pekerjaan di rumah lainnya. Bagi saya justru disini lah kita dapat belajar menjadi seorang pengusaha yang bekerja keras dan bermental baja yang masih kuliah, sebenarnya jika kita dapat memenegement waktu kita, insyaallah kita dapat melaksanakan itu semua. Dan pastinya di dalam hati kalian bertanya-tanya, kita kan masih mahasiswa uang jajan saja masih minta kiriman dari orang tau, tapi ingin menjadi pengusaha saja yang butuh modal yang besar. Mungkin selama ini orang-orang tidak berfikir jika kita ingin menjadi pengusaha maka kita harus membutuhkan modal yang besar dan juga uang yang banyak. Saya kurang setuju terhadap pernyataan itu, kerena setelah saya mengikuti workshop entrepreneurship modal dan uang bukanlah menjadi kendala utama kita jika kita ingin membuka sebuah usaha. Yang penting adalah NIAT itu adalah modal utama kita dan juga diiringi dengan kemamuan. Jadi untuk memulai suatu bisnis kita harus inget 3M yaitu motivasi/kemauan, mindset dan make it ( just do it now ).

Saya selalu ingat akan kalimat yang begitu hebat yang dapat memotivasi semangat saya dalam hal wirausaha yaitu “jangan kita yang mencari pekerjaan tapi buatlah pekerjaan yang mencari kita”. Coba tebak mana ada pekerjaan yang mencari kita, tapi dengan kita berwirausaha pekerjaanlah yang akan mencari kita, karena kita telah membuat suatu pekerjaan bagi diri kita sendiri dan juga orang lain yang ada disekitar kita, itu enaknya jika kita menjadi pengusaha atau wirausaha. Namun tidak hanya itu enaknya menjadi wirusaha adalah kita yang mengatur semua menejemen perusahaan karena perusahaan itu kan milik kita dapat dikatakan kita yang secara langsung mengontrol semuanya. Coba kalau kita menjadi seorang pegawai negeri atau kita bekerja disebuah instansi, pasti kita tidak dapat melakukan hal-hal yang ada diatas, karena perusahaan itu bukan milik kita.

Ketika wirausaha menjadi pilihan yang  diriku, tidak masalah bagi saya karena Rasulullah pun melakukan hal yang sama dan profesi beliau pun adalah seorang pedagang. Dan islam pun masuk ke indonesia ini dari jalur perdagangan. Kelebihan berwirausaha adalah kita menjadi bos, tentu orang kita yang membuka usaha itu maka kita yang menjadi bos. Mandiri dalam berkreasi dan berinovasi. dan sepenuhnya yang mengelola keuangan usahanya adalah kita sendiri. Namun sesuatu hal yang kita pebuat pasti ada sisi positif dan negatif. Dalam hal ini sisi kekurangan atau sisi negatif dari kita menjadi wirausaha adalah memberikan pengorbana personal yang lebih, menanggung beban tanggung jawab bisnis secara mandiri, dan menanggung beban keuangan perusahaan dengan seluruh harta kekayaannya. Tapi apapun pekerjaan kita entah itu pegawai negeri, karyawan atau wirausaha yang jelas yang harus kita terapkan adalah niat, kemamuan dan kesungguhan kita dalam menjalani itu semuanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s