KRISIS YUNANI YANG PENYELESAIANNYA BELUM JELAS

Krisis Yunani yang kian hari memburuk dan mengkhawatirkan membuat Yunani bagaikan negara yang semaikn suram saja, krisis ekonomi dan pilitik yang terjadi membuat Yunani seolah-oleh berubah derastis, dimana kita ketahui negara yang sebelumnya dikenal sebagai pencetak filsuf ternama sepanjang masa ini harus mengalami kehancuran karena utang negaranya yang semakin bertambah besar dan terus melambung tinggi mencapai 330 miliar euro ( sekitar Rp 2.838 triliun).

Langkah penghematan pemerintah Yunani perihal pemotongan jumlah pegawai pemerintah, memicu kemarahan warga sipil dan partai-partai opsosisi, kini Yunani tidak hanya mengalami kirisis ekonomi saja tapi krisis politik pun terjadi dikarenakan kebijakan pemerintah Yunani yang memotong atau mengurangi jumlah warga sipil pemerintah yang memicu kemarahan dan menyebabakan terjadinya demonstrasi yang besar-besaran, belum selesai masalah yang satu muncul masalah yang lain di negara tersebut.

Karena terjadinya protes besar-basaran menentang kebijakan penghematan oleh pemerintah Yunani, maka Perdana Menteri George Papandreou pun mengundurkan diri. Laporan dari wartawan BBC di ibukota Athena Brabant mengatakan pemerintah pimpinan Papandreou sepertinya ambruk menyusul penentangan yang dilakukan para anggota parlemen atas kebijakan pemangkasan anggaran pemerintah.

“Perdana menteri selalu mengatakan dirinya memiliki kekuatan untuk menyelamatkan perekonomian Yunani dari kehancuran,” kata Brabant.

“Namun ketika ia menghadap presiden, sepertinya ia harus mengakui bahwa dia telah kehilangan dukungan dan tak mampu lagi untuk memerintah,” lanjut wartawan BBC.

Sebelumnya para pengunjuk rasa bentrok dengan polisi di luar gedung parlemen di Athena.

Ini adalah kekerasan terburuk di ibukota dalam setahun terakhir.

Wartawan BBC mengatakan ini menjadi tanda bahwa masyarakat tidak lagi menerima kebijakan penghematan besar-besaran.

Cara lain yang dilakukan oleh negara Yunani untuk memulihkan keadaan krisis ekonomi yang dihadapinya yaitu adanya bantuan dari Internasional Monetery Fund (IMF) dan Uni Eropa senilai 110 miliar euro atau sekitar USD 158 miliar, namun bantuan yang diberikan tidak mampu menolong perekonomian Yunani yang kian hari makin terpuruk, memicu kekhawatiran di kawasan Eropa. Mereka takut akan terjadi hal yang sama seperti krisis yang terjadi pada tahun 2008. Rasa khawatir pun juga dirasakan oleh investor dan mata uang di kawasan Eropa yaitu Euro.

Berlanjutnya krisis Yunani mengakibatkan menguatnya mata uang dolar Amerika Serikat (AS), namun berita semacam itu selalu berubah-ubah seakan-akan terjadi pergerakan nilai mata uang di pasar keuangan global. Pergerakan mata uang rupiah pun juga ikut tertekan, meskipun dalam kisaran terbatas karena intervensi dari pemerintah. Kendati demikian posisi pasar global masih negatif dan diharapkan Unu Eropa yang berhasil mencapai kesepakatan koleteral dengan Yunani unutk pencairan dana talalngan menjadi posisi yang positif ke depannya.

Krisis Yunani memberikan dampak positif dan negatif bagi Uni Eropa dan negara-negara lainnya seperti Indonesia. Pada penutupan perdagangan di pasar spot antarbank Jakarta Selasa sore (4/10) rupiah mengalami penutupan yang stagnan dibandingkan penutupan perdagangan hari sebelumnya. Pergerakan mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada Selasa sore tidak berubah harganya di posisi Rp 8.890 per dolar AS, setelah sempat tertekan pada perdagangan di pasar spot antarbank Jakarta saat pagi harinya. Paling tidak rupiah menguat karena pada (30/6), nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dari level Rp 8.500 per dolar AS menjadi Rp 8.537 per dolar AS dan berubah lagi menjadi Rp 8.615 per dolar AS dan yang terkahir pada (4/10) nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menjadi Rp 8.890 per dolar AS.

Mungkin Yunani bisa belajar dari krisis ekonomi yang pernah dialami oleh Indonesia. Tapi bukan berarti krisis yang dialami Indonesia sama dengan Yunani, tapi paling tidak ada hikmah dibalik itu semua yang bisa diambil. Seburuk apapun ekonomi dan masalah suatu wilayah atau negara pasti ada cara untuk menyelesaikan itu semua, walaupun waktu untuk mengembalikan itu semua cukup lama. Belajar dari kegagalan dan jangan pernah mengulangi kegagalan yang sama di setiap apa-apa yang kita kerjakan.

Sumber :

http://www.bbc.co.uk/indonesia/dunia/2011/06/110615_krisis_yunani.shtml

http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/11/06/30/lnlmzy-dipicu-krisis-yunani-rupiah-kian-perkasa

http://berita.liputan6.com/read/356486/krisis-yunani-masih-menekan-rupiah

Puisi untuk Yunani

Yunani yang indah

Yunani yang hebat

Yunani yang dulu

Dan Yunani yang sekarang

Semua itu hanyalah sebuah kenangan

Hanya karena krisis ekonomi melanda, membuat Yunani yang indah dan hebat berubah menjadi negara yang terpuruk

Terpuruk dari ekonomi dan terpuruk dari politik

Dan menjadi negara yang kian hari kian suram

Berbagai cara telah dilakukan sampai bantuan dari mana-mana datang

Semua itu tidak mampu menolong krisis yang sedang melanda Yunani

Yunani malang, Yunani sayang…

Belajarlah dari kegagalan dan musibah yang ada

Semoga dibalik itu semua ada hikmah yang bisa membuat Yunani menjadi negara yang hebat seperti dulu

Yunani yang hebat bangkitlah dari keterpurukan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s