ENTREPRENEURSHIP

ENTREPRENEURSHIP

Hari ini adalah hari yang sangat bermanfaat sekali bagi saya, karena saya dapat mengikuti workshop yang diadakan oleh Bakrieland yang berkerja sama dengan Universitas Gunadarma. Workshop tersebut diadakan di kampus D46 Universitas Gunadarma dengan tema “ INDOPOS-BAKRIELAND ENTERPRENEURSHIP WORKSHOP & COMPETITION 2011”. Jadi workshop tentang bagaimana kait-kiat dan cara kita menjadi seorang enterpreneur yang baik, sukses dan berhasil, tidak hanya di Universitas Gunadarma saja diadakan workshop enterpreneur ada beberapa universitas lain yang juga diajak kerja sama oleh Bakrieland diantaranya Universitas Bakrie, Universitas Budi Luhur, London Scool, Institut Pertanian Bogor dan lainnya. Tidak hanya isi acaranya yang bagus, pembicaranya pun orang – orang yang hebat dalam hal enterpreneur dan salah satunya yang membuat saya terpukau pada saat materi yang diberikan oleh Zainal Abidin, beliau adalah rektor di Universitas Mandiri, dipercaya menjadi ketua dompet kaum duafa dan lain-lain.

Kembali lagi ke masalah isi dari workshop yang memberikan para peserta ilmu dan juga motivasi untuk kita menjadi seorang wirausaha. Apalagi di zaman sekarang pengangguran di Indonesia tiap tahunnya terus meningkat, banyak para lulusan sarjana yang mengagnggur, apakah kita mau menjadi salah satu sarjana yang menganggur???. Pastilah jawabannya tidak mau, nahh dengan saya mengikuti workshop ini saya membuka mata dan hati saya dan juga terguugah ingin menjadi pengusaha, karena dengan kita menjadi pengusaha justru kita yang membuka lowongan pekerjaan bagi orang lain. Nahh dengan kiata bisa membuka lowongan pekerjaan bagi orang lain maka secara tidak langsung kita dapat mengurangi pengangguran di Indonesia. Saya selalu ingat akan kalimat yang begitu hebat yang dapat memacu motovasi dan semangat saya yaitu “jangan kita yang mencari pekerjaan tapi buatlah pekerjaan yang mencari kita”, maksudnya kita disini di tuntut untuk membuat pekerjaan bukan kita yang mencari pekerjaan itu, yaitu dengan berwirausaha atau menjadi pengusaha, maka kita telah membuat suatu pekerjaan bagi kita sendiri dan juga orang lain yang da disekitat kita.

Apalagi bagi para mahasiswa yang masih kuliah disinilah yaitu didunia kampus peluang pemasaran kita yang paling bagus, karena pelanggan kita tidak hanya teman-teman sesama mahasiswa tapi juga bisa ke dosen kita menjual dan menawarkan barang dagangan atau usaha kita. Saya pun sempat berpikir, bagaimana cara saya agar saya bisa kuliah lancar, bisnis juga lancar, memang kelihatannya sedikit sulit apalagi kita masih mahasiswa yang masih dihadapkan dengan seabrek tugas-tugas kuliah dan pekerjaan di rumah lainnya. Bagi saya justru disini lah kita dapat belajar menjadi seorang pengusaha yang bekerja keras dan bermental baja yang masih kuliah, sebenarnya jika kita dapat memeanegement waktu kita, insyaallah kita dapat melaksanakan itu semua.

Pasti di dalam hati kalian bertanya-tanya, kita kan masih mahasiswa uang jajan saja masih minta kiriman dari orang tau, tapi ingin menjadi pengusaha saja yang butuh modal yang besar. Mungkin selama ini orang-orang tidak berfikir jika kita ingin menjadi pengusaha maka kita harus membutuhkan modal yang besar dan juga uang yang banyak. Saya kurang setuju terhadap pernyataan itu, kerena setelah saya mengikuti workshop entrepreneurship modal dan uang bukanlah menjadi kendala utama kita jika kita ingin membuka sebuah usaha. Yang penting adalah NIAT itu adalah modal utama kita dan juga diiringi dengan kemamuan. Jadi untuk memulai suatu bisnis kita harus inget 3M yaitu motivasi/kemauan, mindset dan make it ( just do it now ).

Yang telah saya tulis diatas kita jangan mancari pekerjaan tapi buatlah pekerjaan sendiri yaitu dengan menjadi seorang wirausahaan atau pengusaha. Kelebihan berwirausaha adalah kita menjadi bos, tentu orang kita yang membuka usaha itu maka kita donk yang menjadi bos. Mandiri dalam berkreasi dan berinovasi. dan sepenuhnya yang mengelola keuangan usahanya adalah kita sendiri. Namun sesuatu hal yang kita pebuat pasti ada sisi positif dan negatif. Dalam hal ini sisi kekurangan atau sisi negatif dari kita menjadi wirausaha adalah memberikan pengorbana personal yang lebih, menanggung beban tanggung jawab bisnis secara mandiri, dan menanggung beban keuangan perusahaan dengan seluruh harta kekayaannya.

Jadi dari workshop ini kita para mahasiswa dibimbing dan diarahkan bagaimana kita menjadi seorang wirausaha, walau masih menjadi mahasiswa tidak menutup kemungkinan kita bisa menjadi seorang wirausaha atau pengusaha yang sukses dan berhasil, asalkan kita tekun dan rajin menjalaninya. Dan semua itu butuh proses, dan tidak ada yang instan di dunia, dari yang kecil è berkembang è besar.

Dan satu lagi kita harus tau tentang rukun bisnis, mungkin ini bisa menjadi pedoman atau pegangan kita, jika kita igin menjadi seorang pengusaha yaitu fokus, melayani konsumen/pelanggan, relasi ( networking ), flexibility, trust & honesty ( kepercayaan & kejujuran ), dan yang terakhir berfikir secara global ( think global act local ).

Semoga bermanfaat tulisan saya, dan semoga saya dan anda bisa memulai menjadi seorang wirausaha. Amiin.. ^__^

Tinggalkan Balasan

