JAGA SEKARANG DEMI MASA DEPAN

JAGA KESEHATAN DEMI MASA DEPAN

Ibarat pepatah bilang sedia payung sebelum hujan, lebih baik menjaga dari pada mengobati, begitu pula halnya dengan kita menjaga kesehatan tubuh kita dengan menjalani hidup yang sehat kita akan memetik manfaatnya di kemudian hari mungkin disaat ini kita belum dapat melihat dari kita menjaga kesehatan tubuh mungkin hanya sebagian kita dapat merasakan manfaat dari kita menjaga kesehatan tubuh. Terlebih wanita yang dianugrahkan organ tubuh yang cukup kompleks. Sesuai dengan siklus reproduksinya peerjalanan seorang wanita diawali dari masa menstruasi yang normalnya terjadi pada saat masa pubertas yaitu pada usia 10-16 tahun.

Setelah mencapai usia 45 tahun ke atas, tergantung pada kesehatan dan faktor-faktor lainnya, seorang wanita akan mengalami masa menopause. Masa ini adalah masa akhir dari menstruasi dan menandai berakhirnya pula masa-masa kehamilan. Siklus hidup  tersebut akan membawa perubahan bagi wanita yang tanpa disadari berisiko memunculkan gangguan kesehatan misalnya pada saat seorang wanita mulai datang menstruasi, sebagian wanita pasti akan merasa sedikit nyeri atau sakit di bagian perut, pinggang atau di bawah perut.

MENSTRUASI

Periode ini adalah  siklus terpanjang yang dialami oleh setiap wanita hingga akhirnya memasuki masa menopause. Rentang waktunya rata-rata adalah 28 hari ( berkisar antara 21-40 hari ), yang dapat bervariasi pada setiap wanita adalah tergabtung dari kesehatan fisik,emosional, dan nutrisi wanita tersebut. Sementara lama waktu menstruasi pada wanita berkisar antara 3-8 hari dan juga berbeda-beda pada setiap wanita.

Siklus ini pun tidak luput dari berbagai keluhan fisik dan psikis. Wanita dapat mengalami dismenore yaitu ketidaknyamanan fisik selama beberapa hari sebelum terjadinya menstruasi. , yang sudah saya katakan sebelumnya di atas misalnya gejala rasa nyeri dan sakit dibagian perut dan pinggang, payudara yang melunak, puting susu yang nyeri dan bengkak, mudah tersinggung dan lain sebagainya.

Sedangkan Pra Menstrual Sindroma ( PMS ) merupakan gangguan fisik seperti keram yang diebabkan kontraksi otot-otot halus rahim, sakit kepala dan lain sebagainya. Dalam bentuk yang paling berat sering menimbulkan depresi dan kemarhan tang mungkin membutuhkan penanganan medis.

Siklus ini pun rentan dengan timbulnya berbagai kuman karena cairan yang keluar merupakan darah kotor dan apabila cairan ini didiamkan saja, lama-kelamaan dapat menimbulkan penyakit pada organ kewanitaan bahkan pada jangka panjang dapat memicu timbulnya Human Pappiloma Virus atau yang lebih kita kenal dengan HPV penyebab kanker serviks.

Maka dari itu jika kita seorang wanita pada saat menstruasi hendaknya memilih pembalut yang baik apalagi sekarang sudah banyak pembalut yang memakai kendungan herbal di dalamnya agar kita pada saat menstruasi tidak terlalu sakit dan juga pilh pembalut yang aman dan nyaman dipaki oleh kita.

Para remaja sekarang memang sangat malas untuk mengganti pembalutnya, saran saya ganti pembalut anda 3-4 jam sekali, memang kelihatannya sedikit merepotkan jka kita harus menggati pembalut 3-4 jam sekali tapi memang itu cara yang paling efektif untuk meminimalisir kanker sreviks, lebih baik mencegah dari pada mengobati bukan???

Menjaga kebersihan organ kewanitaan. Wanita pada saat-saat memasuki siklus menstruasi sering kali mengalami keputihan, unutk megatasi keputihan hendaknya kita menggunakan pantyliner . sementara itu, sebaiknya kita menggunakan pakaian dalam berbahan katun agar menyerap keringat. Dan rutinlah menggantinya tiga kali sehari.

Adanya kepedulian yang tumbuh dari dalam diri wanita diharapkan mampu berbuah menjadi sebuah tindakan nyata dalam menjaga kebersihan organ kewanitaan dan tidak lain menjadi salah satu cara menghindari resiko penyakit kanker serviks.

Semoga bermanfaat bagi semua wanita di dunia ini agar dapat menjaga lebih ekstra untuk kesehatan organ kewanitaannya, karena sedih payung sebelum hujan dan lebih baik mencegah dari pada mengobati…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s