PERI (Pesan Ruhiyah Islami )

SENYUM

Kita ketahui senyum adalah ibadah, apa lagi jika senyum kepada saudara-saudara kita adalah sedekah. Sesuai dengan hadits Nabi “ Senyummu terhadap saudaramu merupakan sedekah”. (Al-Bukhari). Subhanallah,,,, indahnya Islam, hanya dengan kita berseyum kita seperti sedekah. Rasulullah SAW pun adalah pribadi yang selalu tersenyum. Diriwayatkan dari Jabir dalam Shahih Al-Bukhari dan Muslim, Jabir berkata : Sejak aku masuk Islam, Rasulullah SAW tidak pernah menghindar dariku. Dan beliau selalu melihatku kecuali beliau pasti terseyum kepadaku”.

Maka, Rasulullah pun juga menganjurkan umatnya untuk tersenyum kepada saudara mereka. Ini menunjukkan bahwa aktivaitas tersenyum bukanlah hal yang remeh, apalagi sia-sia tau sebaliknya, menunjukkan bahwa  tersenyum itu sangat penting. Pendapat ini didukung oleh para ahli Majalah Psychology Today pernah memberikan nasihat, denagn tersenyum orang lain yang baru mengenak kita ia akan merasa lebih nyaman untuk melakukan komunikasi kepada kita. Dan ketika sesorang tersenyum, betapapun ia sedang tidak merasa bahagia, ketika ia tersenyum maka otak mereka akan mengeluarkan sejumlah zat kimia yang tak hanya meningkatkan system kekebalan tubuh, tapi jug sekaligus memberikan daya angkat bagi kondisi psikologis seseorang.

Seorang psikologi di Universitas Michigin, Prof. James V. McConnell juga mengatakan bahwa, orang yang tersenyum cenderung mampu mengatasi, mengajar dan menjual dengan lebih efektif serta mampu membesarkan anak-anak yang lebih bahagia. Dan seyum itulah yang dapat mendorong semangat kita.

Jadi, senyum selain ibadah dan mendapatkan sedekag dan pahala, dengan terseyum juga dapat memberikan dampak positif  bagi orang lain dan kondisi psikis bagi orang yang bersangkutan.

Subhanallah….

Hanya dengan tersenyum manfaatnya bagi orang yang tersenyum sengat baik dan banyak. Dam manfaat lainnya adalah bisa awet muda, karena saraf-saraf kita tertarik saat kita tersenyum. Tapi jangan tersenyum terlalu berlebihan dan sampai terbahak-bahak nanti dikiranya orang gila, hehehehe ( kidding ).

Sumber :

Suara hidayatullah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s