JIKA AKU MENJADI SEORANG PRESIDEN

JIKA AKU MENJADI SEORANG PRESIDEN

Sama – sama kita ketahui bahwa koperasi di Indonesia sudah jarang kita jumpai saat ini. Namun sebenarnya jika kita membuat koperasi, kita dapat memajukan perekonomian rakyat itu salah satunya, yang berikutnya dapat mengurangi penggangguran, taraf hidup masyarakat lebih baik, menerapkan system kegotongroyongan, kita ketahui kegotongroyongan masyarakat di kota besar sudah jarang sekali kita temukan, tapi di desa, masyarakat desa mempunyai rasa solodaritas dan gotongroyong yang tingi. Dan jika saya menjadi seorang presiden pertama – tama yang saya akan lakukan untuk memajukan kopersai di Indonesia adalah dengan memberikan pengarahan kepada masyarakat yang ada di desa tentang koperasi itu sendiri, misalnya memberikan pengarahan mengenai bagaimana membangun suatu koperasi yang baik, program – program kerja yang baik, manajemen yang baik, dan yang terpenting mengenai azaz koperasi yang harus di junjung tinggi oleh para anggotanya, misalnya pengendalian secara demokratis, keanggotaan yang terbuka, dan lain sebagainya. Kalau koperasi di desa bisa kita kembangakan dengan baik, maka secara tidak langsung pendapatan masyarakat desa semakin meningkat dan begitu pula dengan perekonomian Indonesia. Dan secara tidak langsung pula kehadiran koperasi di tengah – tengah masyarakat desa merupakan “malaikat penyelamat” bagi kelangsungan hidup mereka, karena koperasi merupakan wadah yang cocok bagi mereka yang ekonominya lemah untuk secara bersama – sama, bahu- membahu meningkatkan usaha mereka sehingga terjadi peningkatan taraf hidu mereka, menuju kesejahteraan yang telah lama mereka cita – citakan. Sebagai contoh yang sudah ada saat ini yaitu KUD ( Koperasi Unit Desa ). KUD itu sendiri bisa dikembangkan lebih baik dan modern lagi tidak kalah dengan koperasi yang ada di kota besar.

Setelah memberikan pengarahan kepada masyarakat desa, yang saya akan lakukan untuk memajukan koperasi membenahi koperasi yang sudah ada di kota – kota agar lebih maju dan lebih baik lagi dengan cara membuat program kerja yang tersusun dan terstruktur dengan baik, menerapkan system kegotongroyongan dan sukarela kepada para pengurus dan pegawai, memberdayakan softkill yang dimiliki setiap pegawai yang mereka miliki dan memberikannya kesempatan, merekrut pegawai yang mempunyai kualitas dan kuantitas yag baik, memberikan pengarahan dengan membuat training tentang membetuk dan mengembangkan koperasi yang baik. Menjalin kerja sama di bidang usaha antar koperasi, antara koperasi dengan bukan koperasi. Membentuk hubungan dan pembagian kerja antara pengurus & manajer dalam mengelola koperasi. Memberikan pelayanan yang baik dibandingkan badan usaha yang lainnya, seperti dengan harga yang murah pembeli bisa mendapatkan barang yang berkualitas.

Selanjutnya saya akan lakukan juga mengembangkan koperasi yang ada di sekolah – sekolah. Koperasi sekolah yang ada akan saya berikan subsidi, agar para siswa bisa membeli perlengkapan sekolah di koperasi sekolah. Juga saya akan memberikan pengarahan kepada para siswa tentang manfaat koperasi yang sangat baik, karena kalau bukan mereka, para generasi muda siapa lagi yang akan memajukan koperasi Indonesia.

Jadi jika saya menjadi seorang presiden saya akan memajukan koperasi Indonesia melalui pengarahan – pengarahan ke masyarakat desa, para generasi muda ( para siswa ) lalu masyarakat perkotaan dan seluruh rakyai Indonesia dari sabang sampai merauke.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s