KONSERASI SUMBER DAYA ALAM SEBAGAI INVESTASI

KONSERASI SUMBER DAYA ALAM SEBAGAI INVESTASI

Dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini,kita menyaksikan berbagai bencana alam yang datang silih berganti, dari banjir bandang di Wasior, tsunami di Mentawai, dan letusan gunung merapi di Yogjakarta. Namun di jakarta pun kita lihat saat-saat ini pun terancam akan mengalami ancaman banjiryang bisa terjadi setiap saat.

Beberapa penelitipun bahkan telah memprediksi, jika tidaka ada upaya substansial yang dilakukan secara radikal, maka dalam kurun waktu yang tidak lama lagi sebagian besar wilayah jakarta akan segera tenggelam. Dari bayak fenomena ini, seharusnya kita sadar betul hal tersebut pasti akan terjadi,jika manusia tidak lagi dapat ramah pada bumi ini dan lingkungan sekitar,maka prediksi penelitipun bisa menjadi kenyataan. Sudah saatnya kita menyadari bencana-bencana tersebut terjadi bukan hanya karena fenomena alam saja, tapi juga kita juga menjadi penyebabnya.

SDA dan Pemnbangunan ekonomi

Sebagai negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah ruah, indonesia memang membutuhkan ekstraksi dari sumber daya alam tersebut dalam membangun da memajukan ekonominya. Secara teoritis, hubungan antara pertumbuhan ekonomi dan kelestarian lingkungan harus seimbang, jika kita memiliki sumber daya alam yang melimpah seharudnya ekonomi kita pun juga bagus, namun dalam kenyataannya ekonomi kita masih kecil, tidak seimbang dengan sumber daya alam kita yang begitu banyak. Memang kita memiliki begitu kekayaan dari sumber alam, namun kita masih belum bisa unutuk mengolahnya menjadi sesuatu hal yang mempunyai nilai jual yang bisa meningkatkan perekonomian indonesia.

Andai kita bisa mengolah sumber daya alam tersebut menjadi sesuatu hal yang mempunyai nilai jual yan tinggi, maka kita dapat membuat suatu investasi didalamnya yang secara tidak langsung dapat meningkatkan perekonomian indonesia dan meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. Namun kita tidak memanfaatkan itu semuanya dengan sebaik-baiknya, kita malah melakuka eksploitasi yang berlebih-lebihan terhadap sumber daya alam dan juga akan menimbulkan biaya kerugiaan yang jauh lebih besar ketimbang manfaat ekonominya.

Maka kalau sudah seperti itu, bencana alam dan kerusakan limgkungan pun akan tampak dan mengganggu kelangsungan hidup manusia, maka tidak heran bencana alam yang terjadi saat ini, tidak lain juga perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab atas perbuatannya. Selain itu, eksploitasi SDA yang kurang bijaksana akan menyebabkan hilangnya ecosystem service seperti udara segar, air bersih dan keseimbangan ekosistem yang turut menopang kelnjutan kehidupan manusia.

Konservasi sebagai investasi

Upaya konservasi sumber daya alam selam ini tampaknya tenggelam di tengah gemuruh uapaya eksploitasi besar-besaran yang tidak terkendali demi kepentingan sesaat. SDA kita yang dieksploitasi lalu kemudian dikirim ke luar negeri dengan harga yang murah. Dan hasil dari pendapatan dari penjualan kekayaan alam tersebut tidak langsung diinvetasikan untuk memperkuat modal dan ekonomi indonesia. Kita lihat saat ini, kita membeli brang-barang dari luar negeri dengan harga yang mahal, padahal bahan-bahannya dari negeri kita yang kita jual SDA kita dengan murah,lalu kita membelinya dengan harga yang sangat mahal di negara luara sana.

Seharusnya kita harus membatasi penggunaan SDA yang menghasilkan limbah untuk tidak melewati ambang batas kemampuan biologis ekosistem dalam menyerapnya, dalam mengeksploitasi SDA seharusnya tidak melampaui batas kemampuan ekosistem yang bisa menimbulkan dan menyebabkan bencana alam.

Refrensi : kompas

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s